Rayakan HSN ke 26 Tahun 2024 BPS Lampura Gelar Bermacam Perlombaan

Rayakan HSN ke 26 Tahun 2024 BPS Lampura Gelar Bermacam Perlombaan

 

 

wartasembilanglobal.com,-Lampung Utara – Badan Pusat Statistik daerah Lampung Utara mengelar kegiatan Hari Statistik Nasional (HSN) ke 26 Tahun 2024, berbagai kegiatan di selenggarakan mulai dari bermacam perlombaan makan kerupuk, senam bersama, hingga jalan sehat.

Acara yang berlangsung pada Senin (30/9/2024) ini mengusung tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas,” sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Utara, Sugaryadi, S.E., M.M., menegaskan pentingnya statistik berkualitas sebagai landasan pembangunan yang berkelanjutan dan tepat sasaran tentu nya. “Untuk mewujudkan Indonesia Emas, kita harus mengandalkan data statistik yang akurat dan relevan dalam setiap pengambilan kebijakan. Data yang kuat akan membuat pembangunan lebih terarah dan efektif,” ujar Sugaryadi dalam penjelasan nya pada awak media.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai mitra BPS, termasuk Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili oleh Kabid Statistik dan Persandian, Desti Erawati, S.E., serta perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH), BAPEDA dan 23 kecamatan di Lampung Utara.

Selain memperingati HSN, kegiatan ini bertujuan memperkuat sinergi antara BPS dan instansi terkait dalam pengelolaan statistik Sektoral.

Statistik sektoral, yang diselenggarakan oleh kementerian, lembaga, dan dinas terkait, memainkan peran penting dalam perencanaan kebijakan di berbagai sektor, sesuai dengan Undang-Undang No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

BPS Lampung Utara juga terus memberikan pembinaan kepada instansi pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas statistik sektoral. Ini merupakan tindak lanjut dari Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang bertujuan menilai kinerja statistik di berbagai instansi baik di pusat maupun daerah.

Melalui peringatan HSN 2024 ini, diharapkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya statistik dalam pembangunan nasional semakin meningkat, serta mendorong partisipasi aktif semua pihak dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Selamat Hari Statistik Nasional 2024

YUDI