Catat! Ini Pelabuhan Yang Disiapkan Saat Mudik Lebaran 2023

Sembilan Warta Global.com

Pers:Nova

Para pemudik yang berasal dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa, saat Lebaran tahun 2023 dapat melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dan Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VI Provinsi Bengkulu – Lampung, Bahar Latief mengatakan, 2 pelabuhan itu bakal dioperasikan selama arus mudik Lebaran tahun 2023 ini dengan tujuan Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

Kata dia, penggunaan Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, dalam arus mudik merupakan hasil koordinasi yang dilakukan oleh berbagai pihak dalam menghadapi arus mudik.

“Kita melakukan sinergitas dengan pihak-pihak terkait dalam penanganan angkutan mudik Lebaran nanti. Terutamanya di Pelabuhan Bakauheni dan Merak pada tahun ini Insya Allah akan dilakukan pemberlakuan Pelabuhan Ciwandan ke Panjang dan Pelabuhan Ciwandan ke Bakauheni,” katanya, Rabu (29 Maret 2023)

Dia menjelaskan, penggunaan pelabuhan tambahan itu dilakukan untuk mencegah adanya penumpukan penumpang baik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni.

“Nah ini kita harapkan nanti dengan adanya pemberlakuan pelabuhan tersebut, Ciwandan dan Panjang itu bisa meminimalisir kemacetan yang ada di Merak dan Bakauheni,” tuturnya.

Terpisah, Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edwin mengatakan, pihaknya bakal menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2023 ini.

AKBP Edwin mengimbau, para pemudik diminta dapat membeli tiket kapal sejak dini atau sebelum memasuki areal pelabuhan.

“Bagi saudara-saudara saya yang melakukan perjalanan baik arus mudik ataupun arus balik, hendaknya telah memiliki tiket. Saya ulangi, telah memiliki tiket pada saat tiba di pelabuhan,” imbaunya.

Dia menjelaskan, jika terdapat pemudik yang belum memiliki tiket kapal ketika tiba di pelabuhan, maka akan dilakukan putar balik oleh petugas. Hal itu bertujuan untuk mencegah adanya penumpukan penumpang di pintu masuk pelabuhan.

“Pada saat saudara-saudara saya tiba di pelabuhan tidak memiliki tiket, kami dari Polres Lampung Selatan menghaturkan permohonan maaf, kami akan putar balik. Karena di pelabuhan tidak ada penjualan tiket, penjualan tiket ada secara online,” jelasnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan