DPRD Minta Pemkot Tingkatkan Kualitas Sekolah

Pers: Nova Fitriani

sembilanwartaglobal.com

DPRD Lampung meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkatan SD, SMP hingga jenjang SMA di Provinsi Lampung.

Anggota Komisi V DPRD Lampung Syarif Hidayat mengatakan, pihaknya mengaku miris dengan sekolah yang minim mendapatkan siswa di SDN 1 Gedung Meneng, Bandar Lampung.

“Pemkot harus meningkatkan kualitas pendidikan setiap sekolah pada semua jenjang,” kata anggota Komisi V DPRD Lampung Syarif Hidayat, Minggu (28/7/2024).

Pihaknya menilai bahwa fenomena minim siswa baru sudah terjadi sekitar 10 tahun lalu.

“Saya memandang para orang tua pada tingkat SD sengaja memilih sekolah swasta,” kata Syarif.

Orang tua memilih sekolah swasta, karena kualitas jauh lebih baik dari SD Negeri tersebut.

“Selain itu di sekitar sekolah tersebut ada banyak pilihan sekolah lainnya. SD harus kompetitif dan sarpras harus ramah anak,”

“Sekolah harus melakukan peningkatkan kualitas pendidikan pada tingkat daerah untuk bersaing secara alternatif dengan sekolah swasta,” ujar politikus PKS itu.

Sebelumnya, Plt Kepala SD Negeri 1 Gedung Meneng Mellyyani mengatakan, pihaknya telah berusaha maksimal dalam menggencarkan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) kepada masyarakat.

Serta menyebarluaskan informasi kepada orang tua pada siswa Tk (Taman Kanak-kanak) bahwa SDN 1 Gedung Meneng membuka PPDB.

“Semua memang pilihan masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya,” ujarnya.

SDN 1 Gedung Meneng berdiri sejak tahun 1978 dan saat ini jumlah guru ada 6 orang guru kelas, 4 guru bidang studi dan 1 penjaga sekolah.

Sementara untuk jumlah siswa keseluruhan ada sekitar 65 orang, kelas 1 hanya 5 orang saja, kelas 2 (8), kelas 3 (9), kelas 4 (12), kelas 5 (10) dan kelas 6 (15).

“Saya sendiri sebagai kepala sekolah bergabung pada 2023, sekolah ini dulu lumayan aktif dan muridnya banyak,” kata Mellyyani.

Pihaknya telah berupaya maksimal.

Akan tetapi hasil yang menentukan hanya minim siswa baru, karena mungkin lingkungan banyak pendatang dan semua itu pilihan masyarakat.

Ditambah dengan berdirinya sekolah-sekolah swasta yang memang sangat dekat dengan SDN 1 Gedung Meneng.

“Kami pendidik selalu memberikan yang terbaik kepada anak didiknya, supaya mereka tetap menuntut ilmu dan mendapatkan hak pendidikan,” pungkasnya.