Entaskan Angka Kemiskinan Lampung, Nunik Minta OPD Benahi Data dan Evaluasi Program

Entaskan Angka Kemiskinan Lampung, Nunik Minta OPD Benahi Data dan Evaluasi Program

 

Jumat, 11 September 2020

BANDAR LAMPUNG. Sembilan Warta Global .Com.
Entaskan angka kemiskinan di Provinsi Lampung, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim meminta seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), untuk membenahi data kemiskinan dan mengevaluasi ketepatan sasaran program. Selain itu, para OPD juga diminta untuk menciptakan program berdaya ungkit besar.

“Diperlukan upaya langsung, agar upaya pengentasan kemiskinan berjalan secara sinergis dan berkelanjutan baik di tingkat kabupaten/kota hingga tingkat desa. Terutama bagi mereka para petani sayuran. Kemudian perbanyak program pemberdayaan untuk warga rentan miskin,” kata Chusnunia Chalim.

Wanita yang kerap disapa Nunik menilai, dengan kondisi saat ini masyarakat harus dibantu untuk hidup layak. Baik itu dari sisi pendapatan, maupun akses terhadap berbagai pelayanan dasar. Untuk itu, diperlukan adanya sinergi antara perencanaan dan penganggaran agar berpihak pada masyarakat miskin.

“Saya minta OPD terkait, untuk merealisasikan program secara tepat sasaran. Sehingga target pengentasan kemiskinan pada tahun 2021, sebagimana yang tertuang dalam rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dapat tercapai. Artinya, dari tahun ke tahun, diharapkan jumlah tingkat kemiskinan semakin berkurang,” ujar Nunik.

Sebelumnya jajaran Pemerintah Provinsi Lampung melakukan Rapat Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan di Provinsi Lampung tahun 2019/2020, di Aula Kantor Bappeda Provinsi Lampung, Kamis (10/9/2020). Rapat tersebut, juga membahas rencana sinergisasi progres ke depan dan pemanfaatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) oleh OPD Provinsi Lampung, dalam rangka penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran di Provinsi Lampung. (Nova f)

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan