Ketua DPRD Bandar Lampung Meminta Wartawan Merdeka Dalam Menulis Berita

Pers: Nova Fitriani

sembilanwartaglobal.com

Alasannya menurut Ketua PDIP Bandar Lampung ini, terkadang ada wartawan yang kurang merdeka dalam menulis karena ada intervensi dari redaksi atau perusahaan tempat wartawan bekerja.

“Kami sering dicecar pertanyaan oleh jurnalis. Sekarang saya balik nanya, kira-kira apakah wartawan sudah merdeka menulis? Apakah bebas (intervensi) dari redaktur. Jarang-jarang saya nanya wartawan,” kata Wiyadi seraya berseloroh di sela Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar “Mewujudkan Jurnalisme Profesional di Era Digital” Yang digagas Bongkar Post Group, selama dua hari, Jumat 22-23 September 2023, di Hotel Grand Praba Bandar Lampung.

Wiyadi mengaku mengapresiasi tugas media sebagai pilar keempat demokrasi. Dengan adanya media bisa mempercepat serta mempermudah pemerintah dalam menyebar luaskan informasi baik pembangunan, program dan lainnya pada masyarakat.

“Tidak mungkin kepala daerah bekerja dengan berkeliling memberikan informasi. Namun dengan adanya kemitraan dengan media yang bisa memberikan kontribusi yang banyak pada masyarakat tentang kebijakan pada pemerintah pada masyarakat, tentang program pembangunan tugas kepala daerah, tugas DPRD dan lain-lain,” paparnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan jurnalistik ini bisa menciptakan wartawan profesional, menghasilkan produk jurnalistik yang bisa dipertanggungjawabkan serta memberikan edukasi (pendidikan).

“Kritik membangun baik perintah, masyarakat dan penegak hukum,” imbuhnya.

Diketahui, kegiatan pelatihan Jurnalistik ini dibuka Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, nampak hadir Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, Ketua DPRD Bandar Lampung, Wiyadi, Ketua JMSI Lampung, Ahmad Novriwan, Ketua KNPI Lampung, Iqbal Ardiansyah, beberapa Kadis Kominfo baik provinsi dan kabupaten/lota , kemudian perwakilan perwakilan dari Polda, Lampung, beberapa pemimpin redaksi, pemilik media dan tamu undangan. Agenda pelatihan yang dilakukan selama 2 hari ini nengundang pembicara pembicara Handal diantaranya Herman Batin mangku mengupas tentang Karya Jurnalis dan Citizen Journalists, mas Oyos suraso tentang Kaidah Penulisan Jurnalist Dan fritters, mas Iwa tentang Membangun Jejaring Dan Syahroni Yusuf mengupas tentang Mengenal dan Memahami foto Journalists serta ada bung Nizwar yang mengupas tentang Sejarah Pers Indonesia.

Dan dihari kedua juga dilakukan kunjungan ketempat Wisata yang ada dipinggiran kota yaitu mendatangi tempat wisata kampoeng Vietnam Dan Lengkung langit dibilangan kemiling Bandar Lampung yang merupakan Rekomodasi dari Bunda Eva sebagai walikota Bandar Lampung dalam rangka suport terhadap wartawan dan insan pers yang ada diBandar lampung.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan