Rapat Paripurna DPRD Lampung, Mantan Ketua Bawaslu Pimpin Fraksi DPRD

Pers: Nova Fitriani

sembilanwartaglobal.com

Delapan fraksi di DPRD Lampung, Kamis (26/9/2024) kemarin, telah menetapkan pimpinannya yang disahkan melalui rapat paripurna di ruang sidang DPRD setempat di Teluk Betung. Yang terdiri dari ketua fraksi, sekretaris, bendahara beserta anggota fraksinya.

Yang patut menjadi perhatian adalah adanya dua politisi wanita diberi amanah menjadi ketua fraksi. Yang pertama, demikian dituturkan Kabag Humas Sekretariat DPRD Lampung, Hendri Atmaja, adalah Lesty Putri Utami sebagai Ketua Fraksi PDIP, dan kedua dalah Fatikhatul Khoiriyah sebagai Ketua Fraksi PKB.

Sebagaimana diketahui, Lesty Putri Utami merupakan anggota DPRD Lampung periode 2019-2024 yang terpilih kembali pada Pileg 14 Februari lalu dari Dapil Lampung Selatan untuk periode 2024-2029. Putri anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Mukhlis Basri itu memang dikenal sebagai legislator yang sangat dekat dengan konstituennya. Ia juga aktif menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Sementara, Fatikhatul Khoiriyah sebelumnya dikenal sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Lampung. Politisi wanita ini baru “nyemplung” ke politik praktis usai menjalankan tugasnya di Bawaslu dan sebagai warga Nahdliyin, ia langsung berkiprah di Partai Kebangkitan Bangsa.

Meski baru pertama kalinya duduk di kursi Dewan, namun diyakini Khoir –panggilan akrabnya- mampu mengemban amanah partai dalam mewujudkan aspirasi masyarakat, utamanya dari Dapil Lampung Utara dan Way Kanan sebagai basis massa yang berhasil mendudukkannya sebagai legislator

Menurut Hendri Atmaja, dalam memimpin Fraksi PDIP di DPRD Lampung, Lesty Putri Utami sebagai ketua didampingi oleh Budhi Condrowati selaku wakil ketua. Posisi sekretaris dijabat Yanuar Irawan, dan bendahara I Ketut Dewi Nadi.

Sedangkan Fatikhatul Khoiriyah sebagai Ketua Fraksi PKB didampingi oleh Sasa Chalim selaku sekretaris, dan bendahara dijabat Ahmad Basuki.

Fraksi Gerindra sebagai pemenang Pemilu 2024 diketuai oleh Fahrorrozi, didampingi Ikhwan Fadhil Ibrahim sebagai sekretaris.

Masih menurut Hendri Atmaja, posisi Ketua Fraksi Partai Golkar ditempati oleh Supriyadi Hamzah dan Agus Sutanto sebagai sekretaris.

Fraksi Partai Demokrat yang pada periode lalu dipimpin oleh Hanifal, kini dialihkan ke Yozi Rizal sebagai ketua fraksi, M. Junaidi menjadi sekretaris, dan Angga Satria Pratama sebagai bendahara fraksi.

“Untuk komposisi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ditetapkan M. Hazizi sebagai ketua fraksi. Wakilnya Abdullah Surajaya, sekretaris dijabat Iswan Hendi Caya, dan bendahara Adriano Dwiki Agusta,” kata Hendri Atmaja seraya menambahkan, untuk Fraksi PKS diketuai oleh Ade Utami Ibnu, dengan wakil ketua Yusnadi, sekretaris Syukron Muchtar, dan bendahara Muhammad Ghafur.

Hendri melanjutkan, para anggota DPRD Lampung akan segera melakukan rapat usulan dan penetapan komposisi alat kelengkapan dewan (AKD).